Anak Kecil Yang Meninggal, Apakah Langsung Masuk Surga ? Ini Jawabannya

Generating Link...
anak kecil


Tidak semua manusia ditakdirkan berusia panjang. Ada yang meninggal di waktu muda, saat dilahirkan, ada yang di umur paruh baya, dan ada pula yang beruntung mendapatkan jatah umur panjang, dan bisa meninggal di waktu tua.

Adapun takdir setiap manusia sudah ditetapkan di zaman Azali, 50 ribu tahun sebelum alam semesta ini diciptakan oleh Allah SWT. Hitungan 50.000 tahun itu tidaklah jelas, apakah berdasarkan tahun menurut waktu akhirat, atau menurut lamanya tahun di bumi.

Masih banyak pertanyaan, apakah anak bayi, atau balita dari setiap umat Islam, jika meninggal di waktu kecil, apakah akan masuk surga ? Mengingat anak kecil tersebut belum baligh, dan hukum Islam belum berlaku untuk anak-anak yang belum baligh.

Terkait hal tersebut, hadist berikut menjawab status anak setiap muslim yang meninggal di waktu kecil, apakah akan masuk surga atau neraka :

Abu Hassan meriwayatkan, “Aku berkata kepada Abu Hurairah, ‘Dua orang putra saya telah meninggal. Adakah hadits dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang Mukmin yang sudah meninggal yang bisa engkau sampaikan untuk menenangkan hati kami? Abu Hurairah menjawab, ‘Ya. Anak-anak mereka adalah penghuni cilik surga. Salah seorang dari mereka menyambut kedua orangtuanya, lalu memegang pakaian –atau tangan- orangtuanya sebagaimana saya sekarang memegang ujung bajumu, dan ia tidak melepaskannya sampai Allâh Azza wa Jalla memasukkan dirinya dan orangtuanya ke dalam surga. (HR. Muslim no. 2.635).

Di hadist yang lain, Nabi Muhammad bersabda :

“Sungguh anak keturunan dari kaum Muslimin masuk surga, Ibrahim Alaihissallam akan mengasuh mereka.” (HR. Ahmad)